RESENSI BUKU KINERJA GURU


 

Judul                           : Kinerja Guru
Penulis                         : Dr. Supardi, M.pd., Ph.D.
Penerbit                       : PT Raja Grafindo Persada,
Jakarta
Tahun penerbit            : 2013
Cetakan                       : ke satu (1)
Jumlah halaman           : V - 316
Jumlah bab                  : 8 Bab
Ukuran buku               : 20 x 30 cm



ISI BUKU
Kinerja guru dipengaruhi oleh pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi. Supervisi merupakan factor ekstrinsik yang berkontribusi secara signifikan terhadap motivasi kerja, prestasi, dan profesionalisme guru. Suasana belajar di sekolah dengan factor-faktor yang ada di dalamnya ditemukan hubungan positif dan parallel antara iklim belajar sekolah dengan efektivitas sekolah. Efektivitas suatu sekolah dalam praktiknya dapat dilihat dari beberapa aspek yang meliputi : iklim belajar, penguatan kemampuan dasar peserta didik, terpenuhinya harapan guru, administrasi kepimpinan dan system umpan balik dalam penilaian kemajuan akademik.
Bab I, memaparkan latar belakang penelitian terhadap kinerja guru dan factor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Veriabel individu (kemampuan dan ketrampilan), veriabel organisasi (sumber daya, kepimpinan, imbalan, dan desain kerja), veriabel psikologis (persepsi, sikap, kepribadian, belajar, motivasi, kepuasan kerja, dan iklim kerja). Dijelaskan juga beberapa makna konsep yang terkait dengan judul buku dan pembahasanya.
Bab 2, menjelaskan tentang landasan teori kenerja, supervisi, iklim kerja, pemahaman, dan kurikulum. Dijelaskan juga beberapa kerangka piker antara veriabel-veriabel contributor terhadap kinerja guru.
Bab  3, menjelaskan mengenai pengertian kinerja. kinerja guru dapat dilakukan dengan menelaah kemampuan dasar guru atau pelaksanaan kompetensi dasar guru atau motivasinya dalam berkerja dan melaukukan penilaian sebagai indicator kinerja. Tidak hanya itu, factor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan pengertian kinerja guru menurut Undang-undang Republik Indonesia juga dijelaskan dalam pembahasanya di dalam bab ini.
Bab 4, memaparkan supervisi kepala sekolah dengan menjelaskan pengertian supervise, tujuan dan fungsi supervise, prinsip-prinsip supervise, dan model-model supervise pembelajaran. Dengan pengembangan kurikulum, observasi, dan pengembangan prefesionalisme guru. Dijelaskan juga tentang model jendela johari, sepurvisi berbeda, bersama, rekan sejawat, inkuiri, klinik (Praobservasi, observasi, dan pascaobservasi). Memaparkan juga pelaksanaan supervise oleh kepala sekolah dan menjelaskan beberapa tehnik supervise.
Bab 5, menjelaskan apa yang dimaksud dengan iklim kerja, dan menerangkan cirri-ciri iklim kerja dan unsur-unsur yang ada dalam iklim kerja (ekologi, aspek social, dan budaya sekolah).
Bab 6, menjelaskan mengenai kurikulum dan kompenen serta pemahaman guru dengan kurikulum.
Bab 7,memaparkan penelitian tentang kinerja guru dan hasil penelitian kontribusi supervise kepala sekolah, iklim kerja, dan pemahaman terhadap kinerja guru.
Bab 8, memaparkan simpulan, implikasi, dan rekomendasi. Dalam simpulan terdapat simpulan umum, khusus, dan rumusan dalil-dalil. Perumusan implikasi penelitian menekankan pada upaya meningkatkan supervise kepala sekolah madrasah, iklim kerja dan pemahaman kurikulum.tidak hanya itu, terdapat juga rekomendasi berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan implikasi.
Kelebihan
Kelebihan dari buku ini adalah bahasanya mudah untuk dipahami oleh pembaca. Keunggulan buku ini juga member informasi dan perngetahuan mengenai kinerja guru. Dan pembahasan dalam buku ini juga rapih dan jelas sehingga tidak membuat pembaca bingung ataupun bertanya-tanya.
Kekurangan
Hampir keseluruhan buku ini tidak ada kekurangannya, tetapi jika tidak membaca berulang kali mungkin tidak akan mengerti tentang isi dari buku ini.
Kesimpulan
Kinerja merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah diterapkan. Menurut Undang-undang republic Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen : “guru adalah pendidikan prefesional denagn tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi perserta didik pada pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah”.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel RESENSI BUKU KINERJA GURU ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 24 Juni 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 3 komentar: di postingan RESENSI BUKU KINERJA GURU
 

3 komentar:

  1. Bukunya masih adakah?? Tolong hubungi sy. 08563367796

    BalasHapus
  2. Bukunya masih adakah?? Tolong hubungi sy. 08563367796

    BalasHapus
  3. bukunya masih adakah hub. saya 082283305887

    BalasHapus