Judul :
Kinerja Guru
Penulis :
Dr. Supardi, M.pd., Ph.D.
Penerbit
: PT Raja Grafindo Persada,
Jakarta
Tahun penerbit
: 2013
Cetakan
: ke satu (1)
Jumlah halaman :
V - 316
Jumlah bab :
8 Bab
Ukuran buku :
20 x 30 cm
ISI
BUKU
Kinerja guru dipengaruhi
oleh pembinaan yang dilakukan kepala sekolah melalui supervisi. Supervisi
merupakan factor ekstrinsik yang berkontribusi secara signifikan terhadap
motivasi kerja, prestasi, dan profesionalisme guru. Suasana belajar di sekolah
dengan factor-faktor yang ada di dalamnya ditemukan hubungan positif dan
parallel antara iklim belajar sekolah dengan efektivitas sekolah. Efektivitas
suatu sekolah dalam praktiknya dapat dilihat dari beberapa aspek yang meliputi
: iklim belajar, penguatan kemampuan dasar peserta didik, terpenuhinya harapan
guru, administrasi kepimpinan dan system umpan balik dalam penilaian kemajuan
akademik.
Bab
I,
memaparkan latar belakang penelitian terhadap kinerja guru dan factor-faktor
yang mempengaruhi kinerja guru. Veriabel individu (kemampuan dan ketrampilan),
veriabel organisasi (sumber daya, kepimpinan, imbalan, dan desain kerja),
veriabel psikologis (persepsi, sikap, kepribadian, belajar, motivasi, kepuasan
kerja, dan iklim kerja). Dijelaskan juga beberapa makna konsep yang terkait
dengan judul buku dan pembahasanya.
Bab
2,
menjelaskan tentang landasan teori kenerja, supervisi, iklim kerja, pemahaman,
dan kurikulum. Dijelaskan juga beberapa kerangka piker antara veriabel-veriabel
contributor terhadap kinerja guru.
Bab 3, menjelaskan mengenai
pengertian kinerja. kinerja guru dapat dilakukan dengan menelaah kemampuan
dasar guru atau pelaksanaan kompetensi dasar guru atau motivasinya dalam
berkerja dan melaukukan penilaian sebagai indicator kinerja. Tidak hanya itu,
factor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan pengertian kinerja guru menurut
Undang-undang Republik Indonesia juga dijelaskan dalam pembahasanya di dalam
bab ini.
Bab
4,
memaparkan supervisi kepala sekolah dengan menjelaskan pengertian supervise,
tujuan dan fungsi supervise, prinsip-prinsip supervise, dan model-model
supervise pembelajaran. Dengan pengembangan kurikulum, observasi, dan
pengembangan prefesionalisme guru. Dijelaskan juga tentang model jendela
johari, sepurvisi berbeda, bersama, rekan sejawat, inkuiri, klinik
(Praobservasi, observasi, dan pascaobservasi). Memaparkan juga pelaksanaan
supervise oleh kepala sekolah dan menjelaskan beberapa tehnik supervise.
Bab
5,
menjelaskan apa yang dimaksud dengan iklim kerja, dan menerangkan cirri-ciri
iklim kerja dan unsur-unsur yang ada dalam iklim kerja (ekologi, aspek social,
dan budaya sekolah).
Bab
6,
menjelaskan mengenai kurikulum dan kompenen serta pemahaman guru dengan
kurikulum.
Bab
7,memaparkan
penelitian tentang kinerja guru dan hasil penelitian kontribusi supervise
kepala sekolah, iklim kerja, dan pemahaman terhadap kinerja guru.
Bab
8,
memaparkan simpulan, implikasi, dan rekomendasi. Dalam simpulan terdapat
simpulan umum, khusus, dan rumusan dalil-dalil. Perumusan implikasi penelitian
menekankan pada upaya meningkatkan supervise kepala sekolah madrasah, iklim
kerja dan pemahaman kurikulum.tidak hanya itu, terdapat juga rekomendasi
berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan implikasi.
Kelebihan
Kelebihan dari buku ini
adalah bahasanya mudah untuk dipahami oleh pembaca. Keunggulan buku ini juga
member informasi dan perngetahuan mengenai kinerja guru. Dan pembahasan dalam
buku ini juga rapih dan jelas sehingga tidak membuat pembaca bingung ataupun
bertanya-tanya.
Kekurangan
Hampir keseluruhan buku ini tidak ada kekurangannya, tetapi
jika tidak membaca berulang kali mungkin tidak akan mengerti tentang isi dari
buku ini.
Kesimpulan
Kinerja merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk
melaksanakan, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan harapan dan
tujuan yang telah diterapkan. Menurut Undang-undang republic Indonesia No. 14
tahun 2005 tentang guru dan dosen : “guru adalah pendidikan prefesional denagn
tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan
mengevaluasi perserta didik pada pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah”.
Bukunya masih adakah?? Tolong hubungi sy. 08563367796
BalasHapusBukunya masih adakah?? Tolong hubungi sy. 08563367796
BalasHapusbukunya masih adakah hub. saya 082283305887
BalasHapus